SMAN 1 klari MENYONGSONG 2020

Merumuskan visi adalah salah satu langkah penting dalam perencanaan strategis. Karena pada hakekatnya, visi adalah gambaran yang diimpikan di masa mendatang. Karenanya, visi harus menjadi dasar dan rujukan dalam menentukan seluruh perencanaan strategis. Bagi para pemimpin (leader), visi harus dijadikan “kompas” ke arah mana lembaga itu akan dikembangkan. Dr. Mahathir Muhammad pernah mencanangkan Visi Malaysia 2020. Suatu masa di mana Malaysia akan menjadi negara Muslim yang maju, modern, berperadaban dan berlandaskan nilai dan tradisi agama. Hal itu diwujudkan dengan memberi prioritas perhatian kepada bidang-bidang tertentu strategis seperti pendidikan, ekonomi dan stabilitas politik. Tidak sedikit mahasiswa Malaysia yang dikirim belajar ke luar negeri dengan harapan dapat mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi. Kini dalam kurun kurang 20 tahun, Malaysia telah menjelma menjadi sebuah negara maju dan modern, dengan pertumbuhan ekonomi yang konstan dan dinamika politik yang terukur. Semua itu terwujud melalui perencanaan program yang mantap, visi yang jelas dan leadership yang mumpuni. Sebuah langkah yang strategis, penuh kesungguhan yang layak ditiru.

Dalam konteks yang lebih riil, untuk mewujudkan sebuah lembaga pilihan dan terkemuka, SMAN 1 KLARI setidaknya harus melakukan hal yang sama. Minimal melalui prioritas program yang fundamental seperti pendidikan dan pengajaran, ekonomi dan manajemen. Memang berat, melakukan dramatic leaping atau lompatan luar biasa sementara pada saat yang sama disibukkan pembenahan internal. Tapi itulah jalan yang harus diambil. SMAN 1 KLARI harus berkonsentrasi kepada bidang-bidang tertentu yang memiliki keunggulan dan daya saing tinggi. Salah satunya melalui reformasi manajemen sekolah dengan suatu sistem yang mengedepankan profesionalitas, keterbukaan dan akuntabilitas. Sering kali sekolah hanya dijalankan dengan mekanisme alamiah, kultural dan kompromi. Sekolah seakan memiliki ritme tersendiri sehingga sulit dipahami dengan kacamata modern. Itu tidak berarti, nilai-nilai positif dan konstruktif sekolah juga dihilangkan (al-muhafadzatu ala al-qadimi al-sholih, wa al-akhdzu bi al-jadidi ashlah).

Menuju SMAN 1 KLARI yang self-sufficiency (kebercukupan dan mandiri) dalam segala bidang adalah kunci ideal visi SMAN 1 KLARI kedepan. Dalam bidang pendidikan misalnya, SMAN 1 KLARI harus merumuskan visi dan orientasinya secara jelas dan tidak mengambang. Harus difikirkan bagaimana otonomi pendidikan bisa dijalankan, sehingga penyelenggara pendidikan memiliki kewenangan dan keleluasaan dalam menentukan tujuan dan target pendidikan. Kedepan, ijazah tidak saja terakreditasi di lembaga pemerintah maupun swasta, tapi juga universitas dalam dan luar negeri ternama. Secara simultan pula, alumni SMAN 1 KLARI dapat memetik buah manfaat dari pendidikan formilnya.

Self-sufficiency di bidang ekonomi juga harus menjadi prioritas. Sekolah harus mengembangkan potensi ekonomi yang dimiliki. Sentra-sentra ekonomi sekolah harus dikelola dengan profesional sehingga mencukupi kebutuhan dasar SMAN 1 KLARI. Bagaimana pun, kemajuan ekonomi sekolah dalam arti positif secara langsung maupun tidak langsung akan menjadi energi dalam mendukung mutu dan kualitas pendidikan di sekolah. Sebagaimana diktum teori motivasi Herzberg (1990), bahwa untuk memotivasi seseorang agar bisa maju dan berprestasi, ada dua hal penting yaitu reward (gaji/apresiasi) dan environment (kondisi lingkungan). Institusi yang kuat secara ekonomi akan mempunyai kewenangan tanpa batas (full authority, free will). Selain bermartabat, lembaga model ini akan bertahan lama tanpa harus bergantung kepada fihak luar. Semoga idealisme sman 1 klari, menjadi sekolah yang berdiri mandiri, bebas, baik secara ideologi maupun finansial dapat terwujudkan selekasnya. Amin.

kita sebagai alumni yang terlahir dari rahim sang bunda tercinta sman 1 klari, harus menyusun misi dan visi juga untuk menyiapkan diri guna berbakti, berkhidmat jika sudah kembali ke pangkuan bunda q-tha kelak,,?
mulai sejak dini ,,SUSUN…SUSUN,,SUSUN,,,DAN TENTUKAN.,,,

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: